Monday, July 11, 2011

Museum Biologi


Tampak Depan Museum Biologi 


Alamat                         : Jl. Sultan Agung No. 22 Kec. Mergangsang, Yogyakarta
Nomer Telepon          : +62(0)274 376740
Pimpinan                     : Drs. Trijoko, M.S.
Jenis Museum            : Museum Sejarah Alam
Status Museum          : Museum Pemerintah
Dokumen Penetapan      :

Riwayat Berdiri


Museum Biologi dirintis sejak terbentuknya Museum Zooligicum pada tahun 1964, yang menempati salah satu ruang di Sekip, Sleman, DIY, di dalam Kampus UGM, yang dipimpin oleh Prof. drg. R.G. Indrojono dan koleksi herbarium yang menempati sebagian gedung di Jalan Sultan Agung 22 Yogyakarta, yang dipimpin oleh Prof. Ir. Moeso Suryowinoto.Pengelolaan keduanya ditangani oleh Fakultas Biologi, yang pada waktu itu bertempat di nDalem Mangkubumen, Ngasem, Yogyakarta, yang lebih dikenal dengan nama fakultas-fakultas "Kompleks Ngasem". Koleksi hewan dan tumbuhan pada waktu itu berasal dari Seksi Zoologi dan Anatomi Fakultas Kedokteran UGM, dan Seksi Botani Fakultas Pertanian UGM.
Atas prakarsa Dekan Fakultas Biologi, yang pada waktu itu dijabat oleh Ir. Soerjo Sodo Adisewoyo, pada tanggal 20 September 1969, yaitu pada penringatan Dies Natalis Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada, Museum Biologi diresmikan. Museum tersebut merupakan penggabungan dari koleksi Museum Zoologicum dan Herbarium, dengan menempati gedung di Jalan Sultan Agung 22 Yogyakarta. Museum Biologi memiliki koleksi spesimen hewan dan tumbuhan dalam bentuk awetan kering, awetan basah, serta fosil, yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan beberapa dari luar negeri. Koleksi museum tersebut digunakan sebagai sarana studi dosen, mahasiswa, pelajar, dan umum. Museum ini merupakan tempat pembelajaran alam dengan koleksi  lebih dari 4.000 spesimen yang meliputi koleksi awetan hewan dan tumbuhan.

Bangunan

Museum Biologi Terletak d Kecamatan Mergansan. Perbatasan di Sebelah Barat Adalah Jalan Bintaran Kulon, Sebelah Utara Adalah Jalan Sultan Agung, Sebelah Timur Adalah Jalan Bintaran Wetan dan di Sebelah Selatan Adalah Jalan Binataran tengah.


Koleksi

a.       Koleksi binatang tidak bertulang belakang dan binatang bertulang belakang.
b.      Koleksi tumbuhan yang diawetkan dalam bentuk herbarium basah dan herbarium kering
c.       Koleksi fosil hewan dan tumbuhan
d.      Aquaria, tumbuhan dan hewan yang tempatkan dalam aquarium 

Ruang Pamer


Jadwal Buka


Hari Senin – Kamis           : Pukul 07.30 – 13.30
Hari Jumat                           : Pukul 07.30 – 11.30
Hari Sabtu                           : Pukul 08.30 – 12.30
Hari Minggu                        : Pukul 07.30 – 12.00
Hari Libur Nasonal            : Tutup

Biaya Masuk


Peta Lokasi



No comments:

Post a Comment